tagline fgbmfi

MENGENAL KEBENARAN: Melakukan Kebenaran

kebenaran

Baca: 2 Yohanes 1:1-11

"Bukan aku saja yang mengasihi kamu, tetapi juga semua orang yang telah mengenal kebenaran," 2 Yohanes 1:1b

Setiap orang yang percaya kepada Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat sesungguhnya dapat dikategorikan sebagai orang yang sudah tahu kebenaran, karena Kristus adalah kebenaran itu sendiri sebagaimana yang Ia katakan, "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup." (Yohanes 14:6). Dalam hidup sehari-hari tidak semua orang Kristen yang tahu kebenaran mau hidup di dalam kebenaran. Sama seperti berbohong kepada diri sendiri! "Barangsiapa berkata: Aku mengenalDia, tetapi ia tidak menuruti perintah-Nya, ia adalah seorang pendusta dan di dalamnya tidak ada kebenaran." (1 Yohanes 2:4).

Yang dimaksudkan dengan 'mengenal' (bahasa Yunani: ginosko) adalah mengerti, mengetahui, yang menekankan pada sebuah pengalaman hidup. Tanda bahwa orang mengenal kebenaran berarti memraktekkan atau melakukan kebenaran tersebut dalam setiap tindakan (taat). Mengenal dan melakukan adalah bagaikan dua sisi mata uang yang tidak mungkin dipisahkan. Bagaimana seseorang bisa dikatakan bahwa ia telah mengenal kebenaran-Nya bila tidak ada buah-buah kebenaran yang dihasilkan dalam kehidupan nyata? "Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan." (Matius 3:8).

Hidup dalam kebenaran itu tidak terjadi dalam semalam, tapi melalui sebuah proses dan ada harga yang harus dibayar! Hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuka hati dan mengarahkan teliga untuk teguran dan koreksi. "Orang yang mengarahkan telinga kepada teguran yang membawa kepada kehidupan akan tinggal di tengah-tengah orang bijak." (Amsal 15:31). Kita harus akui bahwa hidup kita ini tidak sempurna, tapi kita sedang berjuang menuju kepada kehidupan yang semakin disempurnakan. Karena itu ijinkan Roh Kudus (Roh Kebenaran) itu membentuk dan memroses hidup kita (Yohanes 16:13). Tanda seseorang telah mengenal kebenaran adalah ia akan berpikir 1000x jika hendak melakukan dosa atau pelanggaran, karena ia tahu bahwa setiap ketidaktaatan akan mendapatkan balasan yang setimpal.

"Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu." Yohanes :31-32

Posted in Renungan Harian

lt ad-1004 powerpoint templates title slide rev

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test