tagline fgbmfi

Manage Your Time Wisely

eliezerSalam Sejahtera,

Sebentar lagi kita akan mengakhiri tahun 2015 dan segera memasuki Tahun 2016.

Seperti yang dapat kita rasakan, waktu berjalan dengan cepat bahkan semakin cepat karena aktivitas kita, walaupun :

a.  Waktu tidak ada yang dapat menghentikan (unstoppable) betapa  berkuasa seseorang ataupun kaya seseorang tidak bisa membeli waktu.

b.  Waktu tidak bisa disimpan (misalkan: hanya dipakai 12 jam dalam hari ini, sisa 12 jam lagi ditambahkan keesokan harinya)

c.  Waktu tidak bisa di-stretch (dilenturkan)

Waktu adalah bukti keadilan Tuhan bagi setiap insan manusia, semua di modali 24 jam sehari baik orang kaya maupun miskin(Kronos). Kronos adalah sebuah waktu dimana manusia menjalaninya yang berkaitan dengan kronologis yang bersifat kuantitas, temporary, worldly,  dan terhenti ketika meninggal barulah masuk di alam kairos – Quality, eternal, heavenly

Alkitab mencatat ada seorang yang luar biasa mendapat privelage bergaul dengan Tuhan, siapakah dia ?

“Setelah Henokh hidup enam puluh lima tahun, ia memperanakan Metusalah. Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah selama tiga ratus tahun lagi, setelah ia memperanakan Metusalah, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. Jadi Henokh mencapai umur tiga ratus enam puluh lima tahun. Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah.” (Kejadian 5:21-24).

Henokh mengalami masa kairos, dia tidak perduli apa yang terjadi, tetapi ia mengikuti kemauan Tuhan. Kita semua tentu mengharapkan kita bisa bergaul dengan Allah setiap saat karena dengan demikian kita dapat merasakan perbedaan dalam kehidupan ini dibandingkan dengan orang lain.

Manusia hidup di dunia, didalam konteks atau cakupan waktu kronos. Ketika waktunya tiba meninggalkan dunia ini, maka manusia akan masuk ke waktu kairos – kekekalan. Tubuh dan jiwa ikut kairos, roh kita ikut kairos jika kita mengijinkan TUHAN untuk menghuni tubuh jasmani kita.

Tuhan pernah hidup didalam alam kronos, seperti waktu Tuhan Yesus berada di dunia. Ia yang sesungguhnya hidup di alam kairos tetapi ketika Ia harus menjadi manusia, Ia masuk didalam alam waktu kronos.

Sebentar lagi kita akan memperingati Natal, bagi seluruh FGBMen dan  Ladies Of The Fellowship di seluruh Indonesia, kiranya Natal tahun ini membawa damai sejahtera sukacita bukan saja bagi anda berdua tetapi bagi keluarga dan kepada mereka Tuhan memberikan kesempatan bagi mereka membagi kasih.

Ketika seseorang menerima Kristus dalam hidupnya, ia akan mengalami dua hal : tubuh/fisiknya dalam kronos, tetapi rohnya dalam kairos Seorang yang menjadi murid Kristus, yang menerima kristus, pada saat ia menerima Kristus pada saat itulah ia menjadi manusia yang lain, manusia yang memiliki hak kairos untuk menguasai kronosnya. Karena mereka yang menerima Kristus, juga menerima Roh Kudus, karena dimana ada Roh Kudus, disitu kairos berada.

Saudara-saudara sekalian, kita akan memasuki tahun yang baru, bagaimana kita menyikapi waktu yang kita miliki yang tidak seberapa ini?

Alkitab memberikan tiga kiat untuk menghadapi waktu ini :

1.  Manage our time (Kairos upon Kronos)

Menggunakan waktu kronos ini penuh dengan kearifan, pergunakan

waktu kronos untuk sesuatu yang berdampak pada kairos/kekekalan. (Efesus 5 : 15-17)

2.  Ask Wisdom (The Mind of God – Kairos)

Minta hikmat dari Tuhan, bagaimana kita dapat mengunakan waktu kita yang mempunyai dampak kairos. (Yakobus 1 : 5-8)

3. Dedicate our works (From Kronos to Kairos)

Dedikasikan waktu anda bagi Tuhan, karena itulah yang berkenan kepada Dia. Nanti Tuhan akan memberikan upahnya atas apa yang Tuhan berikan dan yang kita pergunakan dengan baik (Kolose 3 : 23-24)

Ada dua Hal yang harus kita cermati, terkait Kairos-nya Tuhan yang diberikan kepada kita :

1. Talenta – multiplikasi (Matius 25 : 14-30) – semua orang mendapat talenta, ada 5, 2 dan 1, yang lima dan dua talenta melipatgandakan dengan baik dan menggunakan dengan baik waktu kronos itu, sehingga kairos ada disana sehingga bisa menghasilkan seratus persen atau lebih.

2.  Pengadilan Akhir: Domba dan Kambing (Matius 25 : 31-46) – orang-orang yang menggunakan waktu dengan baik, menggunakan kairos. Jika kita tidak menggunakan waktu dengan baik seperti  orang yang mendapatkan satu talenta seperti perumpamaan Domba dan kambing karena tidak menggunakan waktu dengan baik, si kambing; yang dia terima adalah hukuman.

Memasuki tahun 2016, harus kita sadari hari-hari ini adalah jahat maka kita harus waspada dalam menghadapi hari demi hari. Ada firman Tuhan yang jelas-jelas dikatakan oleh Tuhan Yesus “Kalau engkau tidak dipihak Ku, engkau adalah musuh-Ku.”  Kita bersama Kristus atau kita tidak bersama dengan Dia, kita menjadi kawan atau sahabat Kristus atau kita menjadi musuh Kristus. Kiranya melalui pesan ini, kita digugah kembali, bagaimana kita mempergunakan waktu dengan baik.

Tuhan Yesus Memberkati.

FGB Man... Be Strong In The Lord!

LOF... Be Strong In The Lord!

 

Eliezer Hernawan Hardjo, PhD

National Vice President for Departments

Posted in National Message

lt ad-1004 powerpoint templates title slide rev

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test