tagline fgbmfi

Terang yang Bersinar

terangBaca : Yesaya 9:1-5

Apabila kita mempersiapkan "kelahiran Yesus" (Natal) berarti kita harus mempersiapkan "kado" (hadiah) yang terbaik buat Yesus. Karena kelahiran Yesus adalah membawa Terang kepada dunia yang gelap ini. Kelahiran Yesus harus membawa kesukaan yang besar bagi banyak orang.

Dalam Yesaya 9:1-5 terdapat prinsip-prinsip penting yang harus kita pahami :

1. Terang yang datang kepada gelap. "Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar" (Ayat 1). Kelahiran Yesus seharusnya membawa kesukaan besar bagi dunia ini, tapi kesukaan besar hanya untuk beberapa orang saja. Kelahiran Yesus adalah Terang yang datang kepada gelap. Dosa itu artinya perbuatan manusia yang melanggar firman Tuhan, ketidaksetiaan kepada Tuhan, atau arah yang berbelok ke kiri dan ke kanan. Kita harus keluar dari kegelapan menuju kepada Terang. Gereja adalah orang-orang yang sudah tinggal di dalam Terang.

2. Bersorak-sorai dan bersukacita. "Engkau telah menimbulkan banyak sorak-sorak, dan sukacita yang besar; mereka telah bersukacita di hadapan-Mu, seperti sukacita di waktu panen, seperti orang bersorak-sorak di waktu membagi-bagi jarahan" (Ayat 2). Apabila kita menerima Terang itu, maka kita harus bersukacita dan bersorak-sorai selalu. Kita harus bersorak-sorai dan bersukacita sebagai orang-orang yang "merdeka" di dalam Tuhan. Setiap orang pasti punya masalah, tapi anggap saja masalah itu hal yang biasa. Pada saat kita punya masalah jangan bersungut-sungut, karena kita adalah orang-orang yang penuh dengan sorak-sorai dan sukacita.

3. Kuk yang telah dipatahkan. "Sebab kuk yang menekannya dan gandar yang di atas bahunya serta tongkat si penindas telah Kaupatahkan seperti pada hari kekalahan Midian" (Ayat 3). Kuk artinya beban, persoalan, tekanan hidup, namun semuas kuk itu sudah dipatahkan oleh firman Tuhan. Jadi kemanapun kita pergi, Tuhan pasti akan menyertai kita. Tuhan yang berkuasa atas masut, bukan iblis (Wahyu 1:17-18). Kita diciptakan untuk hidup bersama dengan Tuhan.

4. Empat gelar Yesus. "Sebab setiap sepatu tentara yang berderap-derap dan setiap jubah yang berlumuran darah akan menjadi umpan api. Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai." (Ayat 4-5). 

Adapun empat gelar Yesus itu adalah:

(a). Penasehat Ajaib. Kelahiran Yesus memberi jalan keluar bagi manusia yang punya masalah.

(b). Allah yang Perkasa. Allah berkuasa atas hidup kita. Allah sebagai pencipta kita. Allah tidak terbatas kekuasaan-Nya atas hidup kita.

(c). Bapa yang Kekal. Kita diselamatkan oleh anugerah Tuhan. 

(d). Raja Damai. Kita adalah anak-anak damai, karena Allah kita adalah Raja Damai. Natal memberi damai kepada kita. Natal bukan hanya kelahiran Yesus, tapi kehadiran Yesus dalam hidup kita. Amin!

Posted in Special Teaching

lt ad-1004 powerpoint templates title slide rev

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test