tagline fgbmfi

6 Rahasia Pintar Mengambil Keputusan

rahasia pintarDalam hidup tentunya Anda akan dihadapkan oleh banyaknya pilihan, sehingga diperlukan sebuah keputusan. Sayangnya tidak ada satu trik yang bisa menjelaskan bagaimana cara yang mudah dalam mengambil sebuah keputusan, entah keputusan itu besar maupun kecil.

Namun ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan, agar proses mengambil keputusan bisa lebih mudah, seperti yang dikumpulkan dari beberapa sumber:

1. Berhenti menuangkan segala hal dalam bentuk angka. Beberapa pilihan tidak bisa dihitung dengan angka yang pasti. Sebaiknya cobalah berpikir dengan cara yang lebih umum tentang setiap pilihan dan berani mengakui secara objektif jika pilihan yang satu memang lebih baik.

2. Kurangi faktor yang Anda pertimbangkan untuk keputusan. Memang ada baiknya meneliti dengan baik dan mendalam agar Anda tahu pasti apa yang sedang dihadapi. Akan tetapi di sisi lain, kebanyakan informasi justru hanya akan membuat Anda semakin sulit mengambil keputusan. Maka sebaiknya, Anda fokus pada gambaran yang lebih besar terkait dengan kualitas dari setiap pilihan Anda.

3. Pikirkan tentang Anda ingin menjadi siapa. Daripada berpikir apa yang ingin Anda lakukan, lebih baik pikirkan tentang Anda ingin menjadi siapa. Bayangkan bagaimana hasil keputusan yang Anda ambil akan mengubah identitas Anda. Anda tipe pekerja kasual, yang menginginkan perusahaan santai, atau tipe pekerja keras yang menghasilkan banyak uang dan mengenakan setelan jas setiap hari? Karena di satu sisi, keputusan yang kita ambil ikut membangun identitas kita sendiri. Jadi gunakan strategi ini untuk membantu Anda mencari tahu, Anda ingin menjadi seperti apa.

4. Dengarkan, tapi jangan bergantung. Bicarakan dengan teman, keluarga, rekan kerja, atau bahkan dengan orang asing atau yang baru Anda kenal. Dalam prosesnya Anda akan menemukan bagaimana Anda menjelaskan suatu hal dengan cara yang justru akan menunjukkan pilihan apa yang sebenarnya Anda inginkan. Bahkan bisa jadi Anda juga menerima saran dan masukan yang tidak Anda pikirkan sebelumnya. Hanya saja harus diingat, jangan membuat keputusan berdasarkan saran dari orang lain. Buatlah keputusan yang tepat untuk Anda sendiri.

5. Jangan takut gagal. Ketakutan terbesar dalam mengambil keputusan mungkin dikarenakan keputusan yang akan Anda ambil tersebut akan menyebabkan hasil yang buruk. Berpikir yang terlalu berlebihan bisa jadi membuat Anda tidak mengambil keputusan sama sekali. Jangan takut gagal karena seringkali dari kegagalan Anda bisa belajar sesuatu yang bisa membuat Anda menjadi lebih baik lagi.

6. Dengarkan kata nurani atau insting. Jika semua keputusan gagal dan Anda masih tidak tahu pilihan apa yang harus Anda ambil, maka dengarkanlah insting Anda. Beri waktu 30 detik untuk mengambil keputusan, action, dan... sukseskan!

Salam Sukses Luar Biasa!

Sumber : andriewongso.com

Posted in Marketplace

lt ad-1004 powerpoint templates title slide rev

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test