tagline fgbmfi

3 Ilmu Memanfaatkan Kesempatan

DreamSaat kita melihat sebuah merek tertentu berjaya di pasaran, kadang muncul pertanyaan, “Bagaimana bisa?” Atau, saat melihat sebuah produk ramai diantre, kadang membuat kita pun penasaran, “Apa sebenarnya keistimewaan produk tersebut?” Lihat pula beberapa barang yang sudah sangat kita kenal, sering kali banyak buku atau ulasan mengupas, bagaimana mereka bisa sebegitu berjaya hingga melewati batas waktu dan zaman. Lepas dari mana sudut pandang pembahasannya, pasti ada banyak pembelajaran yang bisa kita dapatkan dari semua hal tersebut.

Itulah “rahasia” zaman, yang kadang kita sendiri punya berbagai macam sudut pandang untuk memaknainya. Sehingga sering kali, kesimpulan yang didapat pun bisa bermacam-macam. Ada yang menyebut karena didukung dana yang kuat, promosi yang hebat, bahkan ada pula yang menyebut keberuntungan atau hoki menjadi sumber kesuksesan. Tak salah memang. Karena sejatinya tak ada satu resep sukses sama persis yang berlaku untuk semua bidang.

Namun, dari sekian banyak resep sukses yang berhasil dikaji dari berbagai kisah tersebut, saya melihat adanya satu kemampuan yang rata-rata dimiliki oleh semuanya. Kemampuan itu adalah bagaimana mereka bisa memanfaatkan kesempatan. Sepertinya, klise dan terlalu menyederhanakan. Tapi, jika kita pikirkan baik-baik, hampir semua bisnis, produk, atau merek yang berjaya melampaui waktu, pasti mereka memiliki kesempatan-kesempatan yang dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Ada yang menyebut hal tersebut sebagai “momentum”. Misalnya saat dulu krisis ekonomi mendera, berapa banyak yang runtuh dan bangkrut. Tapi, setelahnya, ada saja perusahaan yang malah berkembang pesat bak anak panah lepas dari busurnya.

Atau yang paling mudah kita kenali belakangan ini adalah bermunculannya jejaring sosial yang berbasis internet. Dari eranya Friendster, Facebook, Twitter, hingga kini anak-anak muda generasi anak saya sangat akrab dengan Instagram, Pinterest, dan berbagai model jejaring sosial lain. Hasilnya? Mereka yang berhasil memanfaatkan momentum makin canggih dan mudahnya telekomunikasi, mampu meraup keuntungan yang signifikan.

The Cup of Wisdom

Di balik itu semua, memanfaatkan kesempatan juga ada “ilmunya”. Yang pasti, semua harus dilakukan dengan jeli dan ketelitian. Sehingga, kesempatan yang muncul sesaat bisa diubah jadi kekuatan hebat.

Pertama, sebisa mungkin ciptakan tren, jangan sekadar ikut-ikutan tren. Sebab, saat tren sudah jenuh, mereka yang tertinggal di belakang kadang-kadang hanya dapat sisanya saja. Malah, bisa jadi tak mendapat apa-apa. Karena itu, saat datang kesempatan, segera ambil tindakan. Di sini rumusan the first alias jadi yang pertama akan menjadi pembeda. Dengan menjadi the first—tentu disertai dengan berbagai program marketing lain—kita mampu meraih prestasi yang luar biasa hingga mampu menjadi brand yang makin kuat.

Kedua, berusaha untuk menjadi the best dalam bidang yang dilakukan sehingga kesempatan yang datang bisa benar-benar dimanfaatkan. Ini memang tak selalu mudah. Bahkan, bisa jadi perlu tenaga, waktu, dan pikiran. Namun selayaknya diusahakan.

Ketiga, memanfaatkan kesempatan dengan menjadi produk yang unik, yang membuat orang penasaran. Ini merupakan salah satu kunci keberhasilan usaha yang jika benar-benar dimaksimalkan, akan membuat sebuah produk atau brand bukan hanya dikenal, tapi juga menghasilkan keuntungan yang luar biasa.

Sekali lagi, mampu memanfaatkan kesempatan adalah salah satu kunci keberhasilan. Termasuk memanfaatkan power of brand, baik untuk personal, produk, atau perusahaan. Mari, manfaatkan kesempatan dan menjadi yang terdepan.

Salam sukses, luar biasa!

Sumber : andriewongso.com

Posted in Marketplace

lt ad-1004 powerpoint templates title slide rev

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test