tagline fgbmfi

Rahasia Menang Secara Total

menang 1Kemenangan adalah mutlak, tapi tak pernah menjadi absolut. Karena itu, butuh perjuangan terus-menerus agar bisa meraih kemenangan yang abadi.

Lebih dari 2500 tahun silam, Sun Tzu membuat kitab perang yang sangat melegenda, 13 Bab Strategi Perang. Sebenarnya, intinya hanya satu: “Menang secara total!” Namun, Sun Tzu menciptakan kitab perang tersebut sejatinya bukan untuk menindas apalagi merampas hak orang lain. Ia justru menciptakan itu dengan tujuan sangat mulia, meminimalkan risiko jumlah korban nyawa. Bahkan, kalau perlu, jangan sampai darah menetes. Itulah sebabnya, inti dari kitab tersebut menyajikan pemikiran yang mendalam sehingga hasilnya 100 kali berperang, 100 kali meraih kemenangan!

Karena keluarbiasaannya itulah, Strategi Perang Sun Tzu mampu melewati batas zaman. Bahkan, hingga kini, apa yang diajarkan tersebut dapat diimplementasikan dalam berbagai bidang. Sebab, sejatinya, hidup berisikan “pertempuran demi pertempuran”. Baik pertempuran melawan musuh di ajang kompetisi, maupun menghadapi “musuh” dalam diri sendiri.

Karena itu, jika ingin sukses, ingin meraih kemenangan di setiap “pertempuran”, kita harus mampu menciptakan faktor kemenangan. Inilah inti ajaran utama Sun Tzu. Yakni, agar bisa menang secara menyeluruh, maka kita harus mampu membangun kekuatan kemenangan.

Untuk mencapainya, ada dua hal yang bisa dilakukan. Pertama, memaksimalkan dan meningkatkan kekuatan diri. Kedua, melemahkan atau menjinakkan kekuatan lawan.

Maka, untuk melakukan kedua hal tersebut, ada beberapa proses yang harus dilewati.

1. Pembenahan. Kita mengevaluasi segala kekuatan dan kelemahan, serta kesempatan dan ancaman yang mungkin terjadi. Dengan analisis yang mendalam, kita bisa segera melakukan perbaikan dan pembenahan agar memiliki daya saing yang tinggi.

2. Pembelajaran tanpa henti. Proses dalam perjuangan untuk memenangkan persaingan pasti melewati berbagai rintangan. Itulah saat kita selalu belajar demi menambah ilmu dan kekuatan diri.

3. Mengambil tindakan. Semua yang telah kita rencanakan, berdasar analisis yang dilakukan, harus disegera dijadikan gerakan. Sebab, tanpa tindakan, semua itu hanya akan sia-sia belaka.

4. Menikmati dan mensyukuri. Apa pun yang telah kita capai, harus kita nikmati dan syukuri. Sebab, dengan berkat itulah, kita akan selalu memiliki kelapangan jiwa dan kebesaran hati untuk tetap melakukan yang terbaik, terutama dalam menghadapi tantangan berikutnya. Karena, semua proses itu pasti akan terus berputar, kembali ke titik awal. Maka, semuanya harus dicermati agar kita terus mampu melakukan pembenahan.

Itulah putaran proses yang kita hadapi, termasuk oleh banyak perusahaan besar dan kecil di seluruh dunia. Hal itu jugalah yang membuat dunia berkembang dengan dinamika dan perputaran sangat cepat. Misalnya, ketika Nokia merajai pasar telepon selular, kemudian muncul BlackBerry dan iPhone yang segera menciptakan tren baru di dunia telekomunikasi. Begitu juga seterusnya. Saat Apple kembali berinovasi dengan iPad, kemudian segera muncul Samsung Galaxy Tab yang konon juga sangat laris dan membuat persaingan di arena teknologi informasi berkembang demikian pesatnya.

Begitu juga di dunia retail. Saat di Indonesia mulai marak dengan pasar hypermarket dan pasar grosir, seperti munculnya Alfa Gudang Rabat dan Makro, tak lama kemudian Carrefour ikut masuk. Kemudian, disusul pula oleh hadirnya Hypermart dan Giant. Dengan cepatnya pula, terjadi peralihan saham dan kepemilikan di mana kini kemudian muncul pula Lotte Mart.

Dua hal tadi hanyalah contoh, bahwa tak ada yang langgeng kecuali perubahan. Karena itu, untuk menang mutlak, masing-masing harus terus melakukan pembenahan. Dengan berusaha mengetahui dan memaksimalkan kekuatan sendiri, akan membuat kita bisa merencanakan “strategi” terbaik agar tak tersingkir di tengah sengitnya persaingan. Sebaliknya, dengan mengetahui dan mencoba melemahkan kekuatan lawan, kita akan memiliki nilai plus untuk mampu berjaya di tengah persaingan.

Begitulah, Sun Tzu mengajarkan pembenahan terus-menerus agar mampu meraih kemenangan mutlak. Mulai dengan membuat cara baru, sikap baru, suasana baru, hingga pemikiran baru. Perlu selalu memiliki "nilai lebih" agar kita mampu terus meraih sukses di tengah ketatnya arena persaingan.

Selamat berjuang. Semoga ide-ide dalam artikel ini bisa segera menjadi tindakan-tindakan, yang membawa kita pada berbagai kemenangan

Sumber : andriewongso.com

Posted in Marketplace

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test