tagline fgbmfi

Hindari Kebiasaan Yang Menyebabkan Perut Buncit Berikut Ini

kebiasaan

Perut buncit tidak hanya dialami oleh mereka yang memiliki berat badan berlebih. Orang-orang yang memiliki berat badan normal juga bisa mengalami masalah ini.  Malas belorahraga dan suka bermalas-malasan menjadi faktor utama yang menyebabkan seseorang memiliki bentuk perut yang sedikit menonjol. Namun, di samping itu, ada beberapa kebiasaan buruk lain yang juga bisa menjadi penyebab perut buncit. Penasaran?

Berikut adalah 10 kebiasaan yang tanpa Kamu sadari dapat menyebabkan perut buncit.

1. Makan dengan Terburu-buru

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di US National Library of Medicine National Institutes of Health, seseorang yang makan dengan terburu-buru akan cenderung memiliki berat badan di atas normal atau mengalami obesitas.

Hal ini disebabkan karena tubuh membutuhkan waktu untuk memberitahu otak bahwa makanan yang dikonsumsi sudah cukup. Saat makan dengan cepat, kamu akan mengonsumsi lebih banyak makanan dari yang dibutuhkan oleh tubuh sebelum perut merasa kenyang.

2. Kurang Minum Air Putih

Kurang minum air putih akan membuat kamu merasa haus. Menariknya, rasa haus ini dapat disalahartikan oleh tubuh sebagai rasa lapar sehingga kamu akan mengonsumsi lebih banyak makanan.

Jika tidak ingin memiliki perut buncit, sebaiknya perbanyak kebutuhan air putih harian kamu dan sebisa mungkin minumlah air putih tepat sebelum makan. Menurut sebuah penelitian, orang yang minum dua cangkir air putih sebelum sarapan dapat mengurangi konsumsi kalorinya sebanyak 22 persen.

3. Memiliki Teman yang Suka Makan

Sebuah penelitian yang di publikasikan di jurnal Science Direct pada tahun 2014 menunjukkan bahwa seseorang akan cenderung makan seperti orang yang sedang bersamanya. Jadi jika teman kamu makan dengan porsi yang besar, kamu akan cenderung mengikutinya.

4. Terlalu Banyak Duduk

Banyak duduk dan kurang beraktivitas juga bisa menjadi salah satu penyebab perut buncit lho! Meskipun tampaknya tidak berbahaya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang terlalu banyak duduk akan cenderung memiliki berat badan berlebih.

Dalam studi lain yang dilakukan terhadap hampir 600.000 orang, para ahli juga menemukan fakta bahwa orang dewasa yang duduk lebih dari 10 jam per hari akan memiliki risiko 34 persen lebih tinggi terjangkit penyakit kronis dan kematian dini.

5. Kurang Tidur

Kurang tidur sangat berpengaruh pada naiknya berat badan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 68.000 wanita di atas 16 tahun, para ilmuwan juga menemukan bahwa wanita yang tidur kurang dari 5 jam dalam sehari akan memiliki risiko kenaikan berat badan yang jauh lebih tinggi daripada mereka yang tidur 7 jam atau lebih.

6. Menggunakan Piring Makan Berukuran Besar

Ukuran tempat makan kamu akan berpengaruh terhadap jumlah makanan yang diambil. Dalam sebuah analisis yang dilakukan terhadap 72 penelitian, para ahli menemukan bahwa seseorang akan makan lebih banyak saat makanan disajikan di piring atau mangkok yang berukuran besar. Hal ini terjadi karena tempat makan yang besar membuat porsi makanan terlihat lebih sedikit sehingga otak akan berpikir bahwa tubuh belum mendapat makanan yang cukup.

7. Mengonsumsi Jus Buah

Buah-buahan memang sangat baik untuk tubuh. Namun terlalu banyak minum jus buah akan berpotensi membuat kamu semakin gemuk dan memiliki perut buncit. Sebab, otak tidak mencatat kalori yang diperoleh dari minuman dengan cara yang sama dengan mencatat kalori dari makanan. Ini artinya, Kamu akan cenderung mengonsumsi makanan lagi meskipun sudah minum jus buah yang biasanya sudah banyak mengandung gula.

8. Kurang Konsumsi Serat

Kurang mengonsumsi makanan berserat juga dapat membuat kamu semakin gemuk. Sebab, serat dapat membantu mengendalikan nafsu makan sehingga kamu merasa kenyang lebih lama.

9. Lebih Memilih Elevator atau Lift Daripada Tangga

Memilih tangga daripada lift merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik paling mudah yang bisa Kamu lakukan di tempat kerja. Dalam sebuah studi, peneliti menemukan bahwa 20 langkah anak tangga dapat membakar 8 kalori dari tubuh.

10. Waktu Makan Tidak Teratur

Kebiasaan buruk berikutnya yang juga dapat menjadi penyebab perut buncit adalah penerapan pola makan yang tidak teratur. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 11 orang, para peneliti menemukan bahwa orang yang memiliki waktu makan tidak teratur akan lebih sering merasa lapar dan makan lebih banyak di jam-jam berikutnya.

Nah, itulah beberapa kebiasaan buruk yang tanpa kamu sadari dapat menjadi penyebab perut buncit. Jika ingin memiliki berat badan normal dan bentuk tubuh yang proporsional, mulailah menerapkan pola hidup sehat dan banyak berolahraga.

Sumber : kumpulan artikel keseharan

Posted in Kesehatan

lt ad-1004 powerpoint templates title slide rev

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test