tagline fgbmfi

5 Bukti bahwa sebatang rokok mampu rusak kesehatan otakmu

sebatang rokokEfek buruk rokok pada kesehatan tubuh jelas tak bisa dipungkiri lagi. Mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, rokok mampu menyebar racun yang kemudian merusak organ tubuh. Sebabnya ada lebih dari 4700 senyawa kimia berbahaya yang hadir di dalam rokok dan asapnya.

Tak hanya pada kesehatan jantung, paru-paru, dan kulit, rokok pun bisa mempengaruhi kesehatan otak. Dilansir dari thehealthsite.com, ini dia penjelasannya.

Nikotin yang hadir dalam rokok akan mengaktifkan area otak yang terlibat dalam menghasilkan perasaan senang. Itulah sebabnya nikotin bisa membuat orang jadi kecanduan. Saat konsumsi nikotin dikurangi, penarikan ini bisa membuat seseorang jadi mudah tersinggung, gelisah, dan cemas.

Merokok secara berlebihan juga bisa menyebabkan otak melemah dan menyusut. Maka tak mengherankan jika perokok berisiko tinggi mengalami demensia, Alzheimer, insomnia, hingga sleep apnea.

Secara mengejutkan, rokok bisa mempengaruhi IQ. Sebabnya pasokan oksigen yang berkurang dan adanya karbon dioksida dari rokok bisa mengganggu sel sehat rokok.

Banyak yang bilang bahwa rokok akan membuat orang jadi lebih fokus. Padahal yang terjadi justru sebaliknya. Merokok akan mengurangi kemampuan untuk berkonsentrasi secara efisien.

Perokok kronis memiliki risiko tinggi untuk terkena stroke. Sebabnya nikotin di dalam rokok bisa meningkatkan risiko deposisi plak di arteri yang berujung dengan stroke otak.

Saat seseorang berhenti merokok selama beberapa waktu, sebenarnya tubuh memiliki mekanisme tersendiri untuk memulihkan diri.

Sehingga bagi kamu yang perokok, maka tak ada kata terlambat untuk berhenti dari kebiasaan buruk ini untuk memiliki kesehatan tubuh yang optimal.

Posted in Kesehatan

lt ad-1004 powerpoint templates title slide rev

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test