tagline fgbmfi

Stres Akut Bisa Mengakibatkan Kematian Lho! Kurangi Stres Dengan 4 Langkah ini

stres akutApakah musim dingin bikin kamu terserang flu?

Apakah setelah belanja dan liburan membuat kamu jadi stres?

Apakah musim hujan pada siang dan malam membuat kamu harus terjebak melulu dirumah?

Jika kamu merasa bahwa stres dan flu benar-benar menyerang kamu sepanjang tahun ini, inilah saat yang tepat untuk kamu melihat gimana stres benar-benar mempengaruhi kekebalan tubuh kamu, sehingga kamu perlu mencari tahu gimana caranya mengatasi itu.

Penelitian yang dilakukan di Harvard dan di Ohio State University menemukan bahwa ujian perguruan tinggi menyebabkan fungsi kekebalan tubuh menurun dan dapat terjadi selama beberapa minggu.

Kematian pasangan atau anak menyebabkan penurunan fungsi kekebalan tubuh yang menyebabkan tingkat kematian di kalangan laki-laki meningkat hampir 50 persen dalam 6 bulan setelah mereka kehilangan istrinya.

Walaupun kamu mungkin nggak bisa mengendalikan semua stres dalam hidup kamu, tapi ada banyak langkah yang bisa kamu lakukan untuk membangun kekebalan tubuh kamu pas lagi menghadapi stres.

1.  Berpikirlah dengan positif dan jelas

Dampak emosional dari kejadian yang menegangkan ditentukan oleh cara kamu memikirkannya.

Ada yang biasa saja, tetapi ada juga yang malah berekasi berlebihan sehingga mengakibatkan stress yang parah.

Sebaiknya cobalah untuk mengevaluasi kejadian tersebut dan jangan berpikir terlalu sempit.

Dapatkan perspesktif yang positif yang membuat stres kamu berkurang.

2. Bangunlah hubungan sosial  yang mendukung satu dengan yang lain

Isolasi adalah pembunuh yang kejam. Hal ini bisa mengakibatkan kematian akibat penyakit jantung, dan kanker lho. Jadi sangat jelas bahwa teman-teman sangat berpengaruh terhadap kekebalan tubuh kamu.

Jadi sebaiknya, bergabunglah dengan sebuah komunitas yang bisa mendukung dan membangun kamu.

Pastikan mereka memberikan dukungan terbaik dan positif sehingga kamu tidak selalu berkecimpung dalam pemikiranmu yang negative dan kamu stres.

Cobalah untuk bergabung dalam komunitas kecil dalam gerejamu.

3. Olahraga

Olahraga nggak harus yang berat-berat, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan cepat 30 menit sehari kok, karena hal itu juga bisa memperbaiki fungsi kekebalan dan mood kamu, mencegah migrain, dan menurunkan tekanan darahmu.

Olahraga nggak cuma baik buat kebugaran tubuh kamu tetapi juga bagus untuk kesehatan otak kamu secara pribadi.

4. Tidur

Tidur adalah waktu yang aktif dimana tubuh kamu pulih kembali dan  istrahat kembali.

Kurang tidur bisa mengakibatkan tingkat konsentrasi kamu menurun dan bahkan sistem kekebalan tubuh kamu melemah.

Jika konsentrasi kamu menurun dalam melakukan aktivitas, ini bisa menjadi sebuah masalah sehingga mempermudah kamu diserang oleh stres.

Nah itulah 4 langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi stress kamu. Tidak ada yang perlu dikuatirkan jika Yesus berada bersama kamu. Tetaplah bersandar kepada-Nya dan kurangilah stress kamu dengan langkah diatas. Semoga menginspirasi!

Sumber : cbn.com

Posted in Kesehatan

lt ad-1004 powerpoint templates title slide rev

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test