tagline fgbmfi

Jangan Dibiarkan, 7 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Kita Alami Depresi, Lho

jangan dibiarkanDepresi bisa dialami oleh siap orang. Biasanya, gangguan kejiwaan diawali oleh stres atau depresi yang tidak kunjung diatasi. Penyebabnya bisa karena kurangnya kasih sayang, tidak bisa merasakan adanya damai sejahtera, masalah keuangan, atau dari kebiasaan buruk yang terus-menerus di lakukan.

Dibawah ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang harus kita hindari agar tidak mudah mengalami depresi yang berujung pada gangguan jiwa.

1. Membungkukkan badan saat berjalan

Perasaan dapat mempengaruhi cara kita berjalan. Sebuah penelitian mengemukakan kalau berjalan atau memposisikan tubuh dengan tegap tidak hanya memberikan efek pada bentuk tubuh, namun juga kepada mood. Untuk itu, mulai sekarang, biasakan untuk berdiri, berjalan dan duduk dengan tegap agar bisa berpikiran lebih positif dan mendapatkan postur tubuh yang baik.

2. Memfoto semua hal

Khususnya buat kita yang hobi main instagram, poin ini sangat penting. Kita seringkali terfokus pada foto-foto yang bagus untuk dipamerkan, bukan pada pengalaman yang didapat. Agar menjadi pribadi yang lebih positif, yuk mulai menikmati apa yang ada di sekitar kita tanpa harus terfokus pada hal yang arus kita pamerkan. Memang sih, foto-foto menyenangkan, namun penting juga loh kita menikmati momen dan pengalaman tersebut.

3. Menerima semua bullyan

Duh, walaupun sudah ada banyak orang yang menolak bullying, kenyataannya masih banyak lho korbannya. Kalau kita memang masih sering menerima bullyan dari teman-teman yang bikin down, coba ingatkan dalam hati kalau kita ini diciptakan sesuai dengan gambar dan rupa Tuhan. Bukankah hal ini sudah jelas kalau kita adalah pribadi yang sempurna? Tidak usah didengar dan ditelan mentah-mentah. Kita justru harus mendoakan orang-orang yang membully agar bisa senantiasa mengasihi mereka.

4. Melewatkan olahraga

Olahraga bikin tubuh menjadi bugar. Kita pasti sudah tahu akan hal itu, dong? Ternyata selain bikin tubuh bugar, olahraga juga bikin mood naik, lho. Kalau memang kesibukan bikin kita mustahil buat melakukan hal ini, coba lakukan olahraga sederhana di kantor, misalnya pingpong atau melakukan sedikit peregangan. Olahraga tidak harus yang berat seperti ngegym atau lari pagi, kok. Jalan selama 15 menit setiap pagi juga sudah cukup untuk meningkatkan mood.

5. Sering menunda

Kalau ini sih, menyiksa diri sendiri namanya. Menunda adalah kebiasaan yang buruk. Bukan cuma karena nantinya pekerjaan kita menjadi menumpuk, namun ini juga membuat pekerjaan yang selesai tidak maksimal. Jika alasan menunda karena tidak memiliki mood yang baik, cobalah untuk melakukan hal-hal yang kita senangi sebelum memulai pekerjaan tersebut. Misalnya, mendengarkan musik, membaca buku, mengobrol dengan orang lain, atau melakukan sedikit peregangan.

6. Terlalu serius

Amsal 17:22, "Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang." Nah, kalau begitu, ayo coba tambahkan sedikit humor dan tawa dalam keseharian agar kita tidak mudah stres. Terlalu serius hanya akan membuat tubuh menjadi lebih mudah lelah. Kuncinya sih, nikmati apa pun hal yang sedang kita kerjakan.

7. Tidak bisa hidup tanpa smartphone

Smartphone memang banyak kegunaannya, tapi hal ini nggak berarti kalau waktu harus dihabiskan untuknya. Penelitian mengatakan kalau orang yang menggunakan handphone lebih banyak cenderung berpotensi alami depresi. Mungkin, ini waktunya kita untuk mengambil satu hari puasa tanpa smartphone. Dengan begitu, kita akan menjadi lebih fokus terhadap apa yang dikerjakan.

Wah, ternyata kebiasaan kecil saja imbasnya bisa kemana-mana lho ya. Selain kita harus menghindari kebiasaan diatas, coba untuk membangun hubungan yang baik dengan Tuhan. Karena damai sejahtera hanya bisa kita rasakan di dalam Dia.

Sumber : health/jawaban

Posted in Kesehatan

lt ad-1004 powerpoint templates title slide rev

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test