tagline fgbmfi

Hidup Sehat Menurut Alkitab

hidup sehatSemua orang ingin hidup sehat. Keinginan untuk hidup sehat ini begitu tinggi. Tingginya keinginan untuk hidup sehat ini disebabkan oleh tingginya biaya perawatan. Selain itu, munculnya berbagai penyakit mendorong manusia untuk hidup sehat. Ditambah lagi dengan adanya beragam jenis makanan yang tidak lagi memenuhi standar kesehatan. Semua kenyataan tersebut memotivasi kita untuk memiliki hidup sehat. Alkitab yang adalah firman Allah juga mengajarkan kepada kita tentang hidup sehat. Itu sebabnya setiap hari kita berdoa dan harap supaya hidup kita sehat dan diberi Tuhan kesehatan. Apalagi kita sebagai pekerja, karyawan, pedagang, pelayan, apapun profesinya, sakit berarti kehilangan penghasilan, kehilangan kesempatan dan biaya kesehatan yang tinggi akan kita keluarkan. Kesehatan yang sempurna hanya berasal dari Allah. Akan tetapi, sebagai orang percaya kita memiliki tugas dan tanggungjawab untuk menjaga hidup kita tetap sehat. Sebab kesehatan kita seringkali terganggu karena kesalahan dari diri kita sendiri.

Dalam suratnya kepada jemaat di kota Korintus, rasul Paulus menulis tentang hidup sehat menurut Alkitab. 1 Korintus 6:19-20.

Bagaimana hidup sehat menurut Alkitab itu? Berikut beberapa hal yang ditegaskan Alkitab kepada kita.

1. Hidup dalam keseimbangan

Manusia terdiri dari tubuh, jiwa dan roh. Ketiga bagian ini adalah merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan harus sama-sama diperhatikan dengan baik. Seorang yang tubuhnya sehat namun jiwanya sakit akan disebut orang gila, dan sebaliknya bila jiwa sehat namun tubuh sakit maka hidupnya akan terbaring di tempat tidur tanpa bisa melakukan apa-apa. Sedangkan bila rohaninya yang sakit maka ia akan mengalami kerasukan, kehilangan arah hidup/tujuan hidup, dan hidup dalam dosa. Bila demikian pentingnya menjaga keseimbangan hidup, sudahkah Anda menjaganya dengan baik? Bagaimanakah Anda menjaganya agar tetap seimbang?

2. Hidup dalam pengendalian

Setiap manusia memiliki keinginan, hasrat, yang ingin dipenuhi. Perhatikanlah bahwa, ada orang yang ingin memuaskan keinginan/hasrat jasmaninya secara berlebih seperti dalam hal makan, tidur, bekerja, belajar. Sedangkan dalam hal jiwani, berfoya-foya, pesta ria, haus pujian, penghargaan, kasih sayang sedangkan dalam hal rohani melakukan kegiatan rohani apakah doa, puasa, pelayanan sehingga mengabaikan istri, anak, pekerjaan. Perhatikan Yesus, sekalipun melayani adalah tujuan hidupnya, tapi Yesus tidak melayani 24 jam bukan? Waktu istirahat, bersama murid, doa pribadi diatur sedemikian rupa agar dapat berjalan sebagaimana mestinya. Bagaimana kiat-kiat Anda mengendalikan hidup Anda?

3. Hidup dalam sukacita

Hati yang gembira adalah obat. Tips ini sudah terbukti sejak dahulu kala bahkan sampai saat sekarang ini pun, dokter, psikolog, terapis selalu menganjurkan pasiennya untuk bersukacita. Hal apakah membuat kita orang percaya dapat bersukacita? Ingat, kebaikan, kesetiaan, perlindungan, pertolongan, berkat dari Tuhan, maka ucapan syukur serta sukacita illahi akan melingkupi diri kita. Bagaimanakah menjaga agar sukacita tetap dan terus menggali dalam hati kita? Pola hidup seperti apakah yang akan Anda lakukan agar kesehatan illahi menjadi bagian dari hidup Anda?

Posted in Kesehatan

lt ad-1004 powerpoint templates title slide rev

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test