tagline fgbmfi

3 Rahasia Sehat Ala Alkitab, Yang Nomor 2 Penting Banget!

170816153201Semua orang tentu menginginkan jawaban atas setiap pertanyaan. Baik itu dalam proses hidup bahkan dalam kesehatan.

Tahukah kamu bahwa sebenarnya saat Allah bertemu dengan Adam secara empat mata, Allah berfirman kepadanya bahwa semua binatang dan tumbuhan di taman ini bisa kamu makan namun segala sesuatunya ada peraturannya. Perintah inilah yang ditekankan dalam Imamat 11:47 supaya kita bisa “…membedakan antara yang kotor dengan yang bersih, antara binatang yang boleh dimakan dengan binatang yang tidak boleh dimakan." Kemudian di Imamat 3:17 juga dituliskan “….janganlah sekali-kali kamu memakan lemak dan darah.” Ini dimaksud supaya kita selektif dalam memilih makanan dan janganlah terlalu lahap untuk memakan semua makanan yang terlihat oleh mata kita.

Hal ini juga sangat jelas disebutkan di dalam doa Bapa kami di Matius 6:9 “…..Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya…” bukan kah demikian?

Berikut 3 rahasia sehat ala Alkitab:

1.  Minum 2 liter air mineral per hari

Sebenarnya jauh sebelum para dokter dan ahli gizi mengeluarkan pengobatan secara medis, ternyata Alkitab telah terlebih dahulu menuliskan bagaimana cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Salah satu yang bisa kita baca disebutkan di Yehezkiel 4:11 “Air minum pun bagimu akan ditentukan, seperenam hin banyaknya; minumlah itu pada waktu-waktu tertentu.”

Mungkin kamu akan bertanya pengertian kata ‘hin’ dari ayat di atas. Jadi menurut Ensiklopedia, satuan Hin adalah satuan ukur Ibrani yang dipakai di zaman Israel kuno. Satu Hin tersebut dikontroversikan ke satuan liter menjadi 12 Liter. Nah, berarti 1/6 Hin sama dengan 12/6, dan jawabannya 2 Liter. Hmm..bukankah para dokter dan ahli gizi menganjurkan bagi kesehatan kita untuk meminum air putih 2 liter per hari? Berarti klop dong antara anjuran ala Alkitab dan Dokter.

2.  Selektif dalam memilih makanan dan makan secukupnya

Kita sudah menyadari dengan jelas bahwa segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik, bahkan doa bapa kami saja sudah menekankan hal ini bahwa kita meminta ‘makan secukupnya’ bukan berlimpah-limpah.

Sebagaimana juga di jelaskan di kitab Imamat 1:47 “yakni untuk membedakan antara yang kotor dengan yang bersih, antara binatang yang boleh dimakan dengan binatang yang tidak boleh dimakan”, bahwa kita harus berhati-hati saat memilih makanan yang hendak kita makan.

Kita telah mendengar berita meninggal karena keracunan dan sakit karena alergi parah karena mengkomsumsi makanan secara sembarangan.

3. Hindari makan lemak dan darah

Dalam Imamat 3 : 17 menyebutkan bahwa “Inilah suatu ketetapan untuk selamanya bagi kamu turun-temurun disegala tempat kediamanmu : janganlah sekali-kali kamu makan lemak dan darah?

Saat baca firman ini, mungkin kamu akan bertanya begini “Berarti nggak boleh makan sesuatu yang berlemak dong?”

Sebagai manusia, kita diberikan hikmat untuk berfikir dengan baik. Tentu kita mengetahui bahwa ada lemak jahat dan lemak baik. Jadi Tuhan nggak mungkin menyuruh kita untuk tidak memakan makanan berlemak sama sekali, dalam hal ini saya percaya bahwa Tuhan sedang menyampaikan untuk ‘tidak makan lemak jahat yang membuat tubuhmu sakit.’ Tuhan juga menekankan untuk jangan memakan darah dan sebagai pencipta tentu Tuhan sudah mengetahui akibat dari hal ini sehingga Dia melarang kita. Seperti sekarang dimana banyak sekali penyakit-penyakit akibat kolestrol darah yaitu penyakit jantung koroner, penyempitan pembuluh darah, darah tinggi, gula darah, dan bahkan menimbulkan stroke hingga kematian.

Ketetapan Tuhan tidak hanya terjadi pada zaman Israel Kuno, tetapi juga terjadi sampai sekarang, karena setiap Firman yang keluar dari mulut Allah tidak akan kembali sia-sia (Yesaya 55:11).

Jadi ketiga contoh di atas sudah sangat jelas untuk membekali kita untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan tetap bugar.

Sumber : jawaban.com

Posted in Kesehatan

lt ad-1004 powerpoint templates title slide rev

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test