tagline fgbmfi

Selain Salmon, 4 Makanan Ini Juga Kaya Akan Omega-3 Lho

salmon

Seringkali kita mendengar kalau minyak ikan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan yang ada dalam minyak ikan salah satunya adalah omega-3. Omega-3 merupakan asam lemak esensial, dimana zat ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh.

Kalau kita mengira lemak akan buruk bagi tubuh, lain halnya dengan asam lemak yang terkandung dalam omega-3.  Omega 3 merupakan salah satu jenis lemak yang baik bagi kesehatan karena dapat menurunkan kolesterol LDL tanpa menurunkan kolesterol HDL.

Selama ini kita hanya mengira kalau omega ada pada ikan-ikanan dan bahan makanan laut lainnya. Padahal, omega-3 juga bisa didapatkan dari beberapa jenis minyak sayur, kacang-kacangan atau biji-bijian. 4 bahan makanan dibawah ini juga bisa dijadikan alternatif yang kaya akan omega-3.

1.  Minyak Camelina

Minyak ini dihasilkan dari sebuah bunga liar dengan wangi yang lembut. Salah satu sumber nutrisi yang ada dalam omega-3 disebut sebagai asam alfa-linoleat (ALA). Minyak camelina kaya akan asam alfa-linoleat tersebut. ALA telah terbukti memiliki efek perlindungan pada kesehatan jantung, mengatur peradangan dan meningkatkan fungsi sistem saraf pusat.

Selain mengandung omega-3, minyak ini juga mengandung minyak omega-6 meski biasanya kandungannya setengah dari omega-3. Rasio ini bisa dikatakan jauh lebih sehat dibandingkan minyak lain seperti zaitun, canola atau biji bunga matahari yang biasanya mengandung lebih banyak omega-6.

2.  Mayonnaise

Selain membuat makanan menjadi lebih lezat, mayonnaise merupakan salah satu sumber omega-3 yang sangat mudah untuk didapatkan. Kita bisa menambahkannya dalam sandwich. Terutama jika mayonnaise yang kita konsumsi berasal dari bahan makanan yang alami seperti kacang kedelai dan canola. Minyak kedelai yang terkandung pada mayonnaise alami sangat kaya akan lemak tak jenuh, sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol.

3.  Kenari

Tidak hanya mengandung asam lemak omega-3, kenari juga mengandung protein, serat, antioksidan, mineral seperti folat, thiamin, magnesium, kalium, mangan dan tembaga yang baik bagi tubuh. Omega-3 juga berperan baik dalam mengoptimalkan fungsi dari sel-sel otak, sehingga membantu dalam mencerdaskan otak.

4.  Chia Seed

Dikenal sebagai salah satu superfood, kandungan benih chia ini juga sangat tinggi serat dan protein. Bentuknya memang sangat mirip dengan biji selasih, tetapi kedua bahan makanan ini memiliki khasiat yang sangat berbeda. Kita bisa mengonsumsinya dengan cara menaburkannya pada beberapa olahan makanan seperti roti, yogurt, oatmeal atau smoothies.

Pola makan yang baik akan mengantarkan kita pada tubuh yang sehat. Omega-3 merupakan salah satu lemak yang baik bagi tubuh, sehingga penting buat kita untuk mengonsumsinya. Ada banyak makanan yang menawarkan omega-3 yang sehat selain salmon, kan. Selain harganya cukup terjangkau dibandingkan dengan salmon, 4 makanan di atas juga bisa kita campurkan dengan bahan makanan lainnya.

Sumber : berbagai sumber

Posted in Kesehatan

lt ad-1004 powerpoint templates title slide rev

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test